Bupati Purbalingga Apresiasi Gerakan Teladan Berkurban Ditengah Pandemi

- 29 Juli 2020, 18:05 WIB
Kabupaten Purbalingga menerima Bantuan hewan korban /

Lensa Purbalingga - Pandemi Covid-19 telah membatasi gerak semua orang, termasuk umat Islam. Pada Ramadhan dan Syawal, umat Muslim terpaksa harus membatasi ibadah.

Ibadah yang biasanya dilaksanakan secara berjamaah seperti di masjid, menjadi kelompok kecil di rumah. Hal sama juga akan terjadi pada hari raya kurban yang jatuh pada akhir Juli tahun ini.

Dalam Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional, di Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyampaikan gerakan ini menjadi pemantik semangat berkurban masyarakat Indonesia serta merupakan salah satu upaya menciptakan ketahanan pangan di saat pandemi.

Baca Juga: Penularan Covid-19 di Perkantoran Meningkat, Tim Pakar Imbau Pekerja Lakukan WFH

"Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang dilaksanakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT. Bukalapak dan Bank Syariah Mandiri," tuturnya, Rabu 29 Juli 2020.

Tiwi juga menjelaskan, melalui Gerakan Teladan Berkurban Nasional, Kabupaten Purbalingga menerima bantuan hewan kurban.

"Dari Rumah Yatim berupa 50 ekor kambing serta 6 ekor sapi. Selain itu, dri Qurban Nusantara berupa 50 ekor domba, Dompet Dhuafa 66 ekor kambing dan Laznas BSM 30 ekor kambing. Bantuan hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkpanya.

Baca Juga: Harga Sewa Traktor Bantuan Pemerintah Mahal, Ini Keterangan Ketua Poktan Eko Waluyo

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla melalui live video conference memberikan apresiasi terhadap Gerakan Teladan Berkuban Nasional.

"Di tengah pandemi pelaksanaan ibadah kurban harus memperhatikan higienisitas dan protokol kesehatan," katanya.

Sementara Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan Hari Raya Idul Kurban merupakan salah satu refleksi ketakwaan umat Islam di Indonesia. Selain itu juga mengoptimalkan sektor pertanian.

Baca Juga: Kawasan Wisata Dieng Dibuka Kembali, Bupati Banjarnegara Izinkan Pekerja Seni Tampil

"Kurban juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan tingkat konsumsi daging di masyarakat Indonesia yang masih rendah," ungkapnya.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menambahkan Ibadah Kurban merupakan wujud kepedulian terhadap sesame.

Pihaknya sebagai perusahaan teknologi berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah kurban dan memujudkan kepedulian sosial.

Baca Juga: Sudah Berkekuatan Hukup Tetap, Mantan Bupati Indramayu Supendi Dipindahkan ke Lapas Sukamiskin

Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional dilaksanakan serentak dari tiga tempat, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Lokasi Pencanangan di Kabupaten Purbalingga berada di kandang kambing komunal Kelompok Tani Ngudi Dadi, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong yang menjadi desa binaan Bank Syariah Mandiri (BSM)," jelasnya.***

Editor: Ipung Sutrisno


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X