Libur Idul Adha, Puncak Arus Balik Terjadi Hari Ini

- 2 Agustus 2020, 11:54 WIB
Foto Ilustrasi /

Lensa Purbalingga - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha akan terjadi pada hari ini, Minggu 2 Agusttus 2020.

Hal ini dilihat dari pergerakan penumpang transportasi umum pada masa libur Idul Adha.

Di sejumlah simpul transportasi seperti di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan terpantau meningkat di banding hari biasa.

Baca Juga: Final FA Cup: Arsenal Raih Gelar ke-14 setelah Tumbangkan Chelsea 2-1

Baca Juga: Viral: Takut Memberatkan, Calon Istri Cuma Minta Mahar Seribu

"Berdasarkan pantauan, peningkatan jumlah penumpang yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta sekitar 16 persen di bandingkan hari biasa," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Menurutnya, pada Kamis 30 Juli 2020 menjadi puncak pergerakan penumpang yaitu mencapai 37.000 lebih penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang pesawat perharinya di Bandara Soetta juga diikuti dengan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 13 persen, yaitu sebanyak 460 lebih pergerakan pesawat perhari.

Baca Juga: The Connell Twins Tawarkan Konten Dewasa di OnlyFans

Baca Juga: Berpotensi Menurunkan Kolesterol, Begini Cara Membuat Es Timun Selasih

Selain di Bandara Soetta, peningkatan jumlah penumpang harian juga terjadi di Bandara Juanda Surabaya dan Yogyakarta.

"Di Bandara Juanda Surabaya, terjadi peningkatan jumlah penumpang harian sekitar 11.000 lebih, dibandingkan dengan hari biasa yang hanya mencapai 5.000 penumpang per harinya," ucapnya seperti dikutip lensapurbalingga.com dari Antara.

Sementarai itu, lanjutnya, di Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA), mengalami peningkatan sekitar 31 persen dibanding hari biasa, dengan jumlah penumpang perharinya mencapai 3600 lebih penumpang, baik yang tiba maupun yang berangkat dari YIA.

Baca Juga: Kabar Duka: Gus Im, Adik Mendiang Gus Dur Meninggal Dunia

Baca Juga: Single Terbaru Agnez Monica: Fuckin Boyfriend

Sementara pada moda kereta api, terjadi juga peningkatan penumpang, di mana total penumpang KA jarak jauh pada 11 kereta api yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen ke berbagai jurusan mencapai 3.958 penumpang.

"Dari sebanyak 4385 tempat duduk yang disediakan oleh PT KAI, terjual sekitar 90 persen dari jumlah total tempat duduk, dengan tetap membatasi kapasitas gerbong maksimal 70 persen dari total kapasitas normal," jelasnya.

Kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada moda angkutan penyeberangan.

Baca Juga: Weird Genius Gandeng Yellow Claw di Lagu Terbaru

Baca Juga: Jalani Proses Pemeriksaan, Djoko Tjandra Ditempatkan di Rutan Cabang Salemba Mabes Polri

PT ASDP mencatat, jumlah total penumpang yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni pada Kamis pagi hingga Jumat pagi tercatat sebanyak 46.688 orang atau naik 147 persen dibandingkan realisasi periode sama Idul Adha tahun lalu sebanyak 31.677 orang.

Begitupula di terminal bus Pulo Gebang, Jakarta, dimana terjadi lonjakan penumpang jelang Idul Adha, yang biasanya hanya mengangkut ratusan penumpang perharinya, pada Rabu 29 Juli 2020 mengalami peningkatan hingga 1200 lebih penumpang per hari.

"Dengan adanya peningkatan penumpang baik di darat, laut, udara, dan kereta api pada hari raya Idul Adha ini, di satu sisi memperlihatkan bahwa masyarakat sudah mulai percaya untuk menggunakan transportasi umum, namun di sisi lain kami selaku regulator transportasi bersama para operator transportasi akan terus melakukan pengawasan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan baik sesuai komitmen kami untuk menciptakan transpotasi aman dan sehat," ungkapnya.

Baca Juga: Sejumlah Daerah di Jawa Tengah Alami Pemadaman Listrik Akibat Gangguan pada Sutet Pedan-Kesugihan

Halaman:

Editor: Ipung Sutrisno

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X